February 10, 2020

7 Jenis Semen Yang Ada di Pasaran Indonesia

7 Jenis Semen Yang Ada di Pasaran Indonesia – Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita mengenal semen dari apa yang kita temui. Tapi, apakah anda tahu ada berapa jenis semen yang ada di Indonesia? Jika tidak mengetahuinya, kita akan membehas beberapa jenis semen yang ada di pasar Indonesia.

 

Jenis Semen Yang Ada di Pasaran Indonesia

1. Semen Portland

macam jenis semen

Jenis semen ini yang paling banyak digunakan baik di Indonesia maupun seluruh dunia. Semen ini terdiri dari serbuk halus berwarna abu-abu kehijauan. Diproduksi menggunakan batu gamping yang di panaskan dan mineral tanah liat di dalam tanur, yang selanjutnya digiling dan ditambahkan bahan-bahan lain di dalamnya untuk membuat kliner. Semen Portland ini menjadi populer yang di gunakan untuk pekerjaan konstruksi di dunia, karena biaya pembuatan yang relatif cukup murah hanya membutuhkan batu kapur, batu serpih, dan bahan alami lainnya untuk digunakan.

 

2. Semen Tanah Air

 

Jenis ini merupakan campuran homogen antara semen Portland dengan bahan tanah air (water proffing agent). Dalam konstruksi beton, Semen ini biasa digunakan untuk penahan tekanan hidrostatis seperti tangki untuk menyimpan bahan cair kimia.

 

3. Semen Putih

 

Biasa digunakan untuk keperluan pekerjaan konstruksi arsitektur seperti permukaan teraso, precast, GRC panel, stucco, cat semen, nat ubin / keramik yang struktur bangunannya mempunyai sifat dekoratif.

 

4. Semen High Alumina

 

Jenis Semen ini sering digunakan untuk keperluan seperti Heat resistance concrete, Refractory Concrate, dan Corrosion resistance concrate. Semen ini mempunyai pengerasan awal yang cukup tinggi dan sangat kuat terhadap serangan asam, tetapi tidak kuat terhadap serangan alkali.

 

5.  Anti Bakteri

 

Campuran semen Portland dengan bahan anti bakteri (anti bacterial agent) akan menjadi jenis semin anti bakteri. Semen ini sangat cocok untuk konstruksi bangunan yang mudah di hidupi oleh jamur dan bakteri seperti kolam renang, kolam ikan, lantai pabrik makanan dan lainnya.

 

6. Semen Sumur Minyak

 

Oil well cement / semen sumur minyak biasa dipakai untuk kontruksi sumur minyak bawah tanah yang diharuskan memakai semen dengan tingkat pengerasan yang rendah. Untuk mendapatkan kecepatan pengerasan yang rendah, semen ini mengandung campuran Portland dengan retarder material seperti lignin, asam borat dan lainnya.

 

7. Semen Campur

jenis semen campur

Semen campur digunakan untuk menambah efektifitas khusus pada semen Portland. Berikut jenis-jenis semen campur yang harus anda ketahui:

 

– Semen Portland Campur (SPC)

– Portland Pozzolan

– Portland Blast Furnance Slag

– Semen Masonry

 

Demikian untuk penjelasan kali ini mengenai Jenis Semen Yang Ada di Pasaran Indonesia. Jika ada pertanyaan atau keluhan tentang semen, silahkan hubungi kontak dibawah ini.

cs rst

 

small-logo
KANTOR :
Jl. Kav Polri Blok D 14 No. 1200, Jelambar, Jakarta Barat
GUDANG :
Daan Mogot km 18 Sedayu Biz Park Blok DM 1 No. 96 Jakarta barat
Telepon : 021 225 63070
    021 225 62183
Fax : 021 225 63258
HP : 0819 08888 388
Email : raja_sukses_tritunggal@yahoo.com
semen